Kamis, 22 November 2012

Tugas 6



 Franchising Lokal

A.    Definisi Franchising Lokal
  • Menurut Hisrich-Peters :
Pelimpahan dari pabrik atau distributor suatu produk atau jasa yang diberikan pada agen-agen lokal atau pengecer membayar dengan membayar sejumlah royalty.
  • Menurut Bygrave :
Peluang binis, dimana pemilik, produsen (Franchisor) dari barang dan jasa atau merek tertentu memberi hak kepada individu (Franchisee) untuk menjadi agen lokal dari barand dan jasa, dan sebagai imbalannya menerima pembayaran atau royalti yang telah ditentukan.

B.    Contoh Franchising Lokal

  • Ayam bakar 88
  • Alfamidi
  • Loundry kiloan
  • Cfc
  • Yomart
  • Primagama
  • Bank bjb
  • Klenger burger
  • Martabak hokky
  • Alfamart
  • Pecel lele lela
  • Ayam lepas 
  •  Bubur jagung


C.     Keuntungan Dan Kelemahan Franghising Lokal
Keuntungan:
  • Konsep bisnisnya sudah jelas dan dibantu dengan adanya pelatihan sehingga bisnis berjalan sesuai dengan konsep atau sesuai dengan produk utama.
  • Menjalankan kosep bisnis yang sudah jalan dan dikenal oleh masyarakat.
  • Kontrol bisnis sudah dibantu oleh system.
  • Dapat konsultasi dengan penyedia waralaba setiap kendala yang dihadapi di lapangan.
  • Pengembangan bisnis di pikirkan juga oleh penyedia waralaba.
  • Terlindung dalam jaringan.
  • Banyak produk dan jasa yang diiklankan di tingkat lokal dan nasional oleh perusahaan waralana utama.
  • Konsep yang mapan.
  • Pendamping.
  • Standar dan kontrol kualitas.
Kelemahan:

  • Monoton.
  • Tidak bebas.
  • Kedudukan dalam perjanjian.
  • Ketergantungan.
  • Barang/jasa dan harga sudah ditentukan franchisor.
  • Memliki potensi konflik.
  • Tidak cukup memberi ruang bagi franchisee untuk melakukan inovasi bisnis.
  • Tidak memiliki pengawasan yang maksimal atas bisnisnya.


D.   Manfaat Franchising Lokal:
  • Memperkecil resiko kegagalan usaha.
  • Menghemat waktu, tenaga dan dana untuk proses trial & error.
  • Member kemudahan dalam operasional usaha.
  • Menggunaan nama merek yang sudah lebih dikenal masyarakat.

E.   Kiat-Kiat Mempertahankan Frenchising Lokal:

  • Berbicara pada konsumen.
  • Pemilihan lokasi yang tepat
  • Menjaga pengeluaran.
  • Rencanakan masalah
  • Analisalah bisnis anda


Sumber:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar